Raksasa e-commerce China, Alibaba pada hari Jumat mengumumkan lompatan 47% besar dalam laba bersih untuk tahun fiskal 2017/2018, dibantu oleh peningkatan transaksi ponsel pintar dan tablet pada platform belanja.
Laba naik menjadi 63,985 miliar yuan ($ 10,2 miliar), didorong oleh kenaikan 60 persen dalam pendapatan dari bisnis inti, kata pengecer online.
Perusahaan yang terdaftar di New York itu menambahkan 98 juta konsumen aktif selama tahun yang berakhir 31 Maret, menjadi total 552 juta menggunakan pasar e-commerce.
Pendapatan keseluruhan naik 58 persen tahun-ke-tahun menjadi 250,27 miliar yuan, dengan pendapatan dari komputasi awan naik 101 persen dan media digital dan hiburan naik 33 persen.
Untuk kuartal keempat, perusahaan melihat pendapatan melonjak lebih baik dari yang diharapkan 61 persen tahun-ke-tahun menjadi 62 miliar yuan – lebih baik dari kenaikan 59 persen yang diprediksi oleh analis yang disurvei oleh Bloomberg.
Perusahaan mengatakan mereka mengharapkan pendapatan untuk mencocokkan lintasan itu pada tahun hingga Maret 2019, naik 60 persen, karena perusahaan mendorong diversifikasi ke dalam banyak area baru, termasuk bisnis offline seperti supermarket dan operasi pengiriman.
“Alibaba Group memiliki kuartal dan tahun fiskal yang sangat baik, didorong oleh pertumbuhan yang kuat dalam bisnis perdagangan inti dan investasi yang telah kami buat selama beberapa tahun terakhir dalam inisiatif pertumbuhan jangka panjang,” kata CEO grup Daniel Zhang dalam sebuah pernyataan.
Alibaba, yang telah membuat miliarder pendiri Jack Ma salah satu orang terkaya di China dan ikon e-commerce global, telah berada di roll, secara teratur mengalahkan perkiraan pendapatan.
“Hasilnya sangat kuat, jauh lebih baik daripada yang diperkirakan orang,” Julia Pan, analis yang berbasis di Shanghai di UOB Kay Hian, mengatakan kepada Bloomberg News.
Ambisi global
Sebagian besar pendapatan grup masih berasal dari platform perdagangan online, yang terus menarik pelanggan baru di China di mana tren dan preferensi belanja dapat berubah dengan cepat.
Dengan Taobao, Alibaba mendominasi 90 persen pasar konsumen-ke-konsumen China, dan platform Tmall-nya mengendalikan setengah dari transaksi online antara profesional dan individu.
Namun, Alibaba berencana untuk mengembangkan hubungan dekat dengan pengecer batu bata dan mortir tradisional, terutama jaringan supermarket Hema, dan investasi dalam rantai distribusi dalam strategi “ritel baru”. Langkah ini menggemakan raksasa online AS Amazon yang telah membuka toko fisik dan tahun lalu mengakuisisi jaringan Whole Foods Market AS.
“Sepanjang tahun lalu kami juga menggandakan pengembangan teknologi, komputasi awan, logistik, hiburan digital, dan layanan lokal sehingga kami berada dalam posisi untuk menangkap pertumbuhan konsumsi di China dan pasar negara berkembang lainnya,” kata CEO grup Zhang.
Pada bulan Januari, Alibaba mengumumkan akan mengambil 33 persen saham dalam bisnis afiliasi Ant Financial, yang mengoperasikan aplikasi pembayaran seluler Alipay yang sangat populer dan unit pemberian skor kredit Sesame Credit, di antara bisnis jasa keuangan lainnya.
Dikendalikan oleh Ma, perusahaan itu telah ditahan sebagai perusahaan terpisah tetapi bagian dari Grup Alibaba.
Sebagai tanda ambisi globalnya yang semakin besar, Alibaba mengumumkan pada Maret bahwa akan menggandakan investasinya di anak perusahaannya Lazada, perusahaan belanja online terkemuka di Asia Tenggara, menjadi $ 4 miliar, meningkatkan kehadiran regionalnya.
Lazada beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam dan memiliki 560 juta konsumen di wilayah tersebut.