Viral, Murid Mem-bully Guru Dalam Kelas

Viral, Murid Mem-bully Guru Dalam Kelas

Baru-baru ini beredar video yang viral karena aksi beberapa murid yang melakukan pembullyan terhadap guru di sekolah yang teridentifikasi adalah SMK NU 03 Kaliwungu Kabupaten Kendal. Dalam video yang beredar tersebut, terlihat 4 orang murid yang mendorong dan melawan guru yang juga dibarengi tertawa seiring kelas tersebut.

Video ini sendiri berdurasi sekitar 24 detik dan menjadi viral di internet lantaran kelakuan tersebut dinilai sangat memprihantikan dunia pendidikan di Indonesia saat ini.

Jika meliahat dari video yang beredar tersebut, sang guru berusaha menghalau dan melawan murid-murid tersebut. Murid yang lain pada video tersebut terdengar tertawa, dan siswa lain diduga merekam video ini hingga akhirnya video tersebut menjadi viral.

Kepala sekolah SMK NU 03 Kaliwungu Kabupaten Kendal pun langsung melakukan klarifikasi terhadap kejadian tersebut. Inti dari klarifikasi itu adalah ia mengatakan bahwa tindakan dalam video tersebut hanya bersifat guyonan(bercanda) semetara.

Kronologi kejadian

Dalam klarifikasi tersebut, Muhaidin yang merukapan Kepala SMK NU 03 mengatakan peristiwa itu terjadi hari Kamis (8/11) lalu saat pelajaran kelas X TKR antara jam keempat sampai kedelapan, pukul 09.15 WIB sampai 13.20 WIB.

Saat jam 13.00 berakhirnya pelajaran – para murid bercanda dan melempar-lemparkan kertas dan mengenai sang guru yang bernama Joko. Usah terkena lemparan kertas, sang guru tersebut bertanya siapa pelaku pelemparan kertas tersebut.

4 orang siswa maju ke depan dan kemudian terjadinya peristiwa yang viral tersebut.

Maksud dari siswa-siswa yang maju tersebut menuruk Muhaidin adalah bercanda kepada sang guru agar tidak marah karena pak Joko merupakan guru yang dikenal suka bercanda. Meskipun dalam video terlihat pak Joko melakukan tindakan reaktif dan dikelilingi tawa oleh murid-murid, kejadian ini pun membuat kesan bahwa terjadi tindak pemukulan dan pengeroyokan terhadap guru yang beredar luas.

Kejadian itu menurut Muhaidin diabadikan oleh salah seorang murid yang tidak sampai 1 menit kembali menghapus postingan tersebut. Namun, meskipun sudah dihapus, tampaknya ada yang sudah menyimpan dan akhirnya menyebar hingga seperti saat ini.

Pihak sekolah sendiri juga tetap akan memanggil orang tua murid yang ada dalam video karena dianggap melakukan guyonan melebihi batas.

Lion Air Gelar Doa Bersama Keluarga Korba JT 610

Lion Air Gelar Doa Bersama Keluarga Korba JT 610

Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 mulai menemui titik terang. Dua hari lalu, kotak hitak telah berhasil ditemukan dan saat ini masih dalam tahap penyeledikian. Selain itu, sudah ada beberapa korban pesawat naas tersebut yang teridentifikasi.

Pencarian korban JT 610 sendiri masih terus dilakukan oleh pihak berwenang. Beberapa potongan barang-barang korban yang ditemukan telah dinaikkan ke darat dan bagi keluarga yang mencari korban bisa membantu dengan mengidentifikasi dari barang yang ditemukan di tempat pengumpulan barang-barang.

Proses pencarian terus dilakukan, pihak Lion Air juga baru saja mengajak keluarga dari korban Lion Air JT 610 untuk melakukan doa bersama. Doa bersama ini sendiri dilakukan secara tertutup oleh pihak Lion Air bersama keluarga korba pesawat tersebut. Doa bersama ini dipimpin oleh salah satu tokoh agama, dan ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan keluarga korban.

Dalam acara doa bersama itu juga terdapat konseling dan pendampingan psikologis, pembaruan informasi terkini, konsultasi kelengkapan berkas persyaratan klaim asuransi.

Dukungan pihak Lion Air kepada keluarga korban

Diadakannya doa bersama oleh Lion Air bersama para keluarga korban di pesawat JT 610 tersebut merupakan salah satu langkah kongkrit dari pihak Lion Air yang tak mau lepas tangan terhadap keluarga para korban.

Temuan kotak hitam diharapkan bisa memberikan informasi lebih jelas mengenai apa permasalahan yang sebenarnya terjadi sehingga membuat pesawat Lion Air tersebut bisa jatuh padahal pesawat tersebut masih berumur sangat muda.

Pencarian demi pencarian pun terus dilakukan oleh Tim SAR dari berbagai elemen. Beberapa nama korban sudah berhasil di-identifikasi dan informasi terus diperbaharui mengenai nama-nama korban yang sudah ditemukan dan telah berhasil di-identifikasi.

Tim medis sendiri melakukan metode identifikasi primer melalui sidik jari dan rekam medis. Dengan bantuan medis, korban bisa di-identifikasi dengan cepat sehingga jasad-nya bisa diserahkan kepada keluarga korban yang kebanyakan sudah pasrah terhadap nasib keluarganya yang menumpangi pesawat tersebut.

Jokowi Temui Keluarga Korban Lion Air JT 610

Jokowi Temui Keluarga Korban Lion Air JT 610

Dunia penerbangan Indonesia berduka pasca jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pagi tadi. Hingga kini, belum ada kabar resmi mengenai nasib korban yang menaiki pesawat tujuan Pangkal Pinang dari Jakarta tersebut. Meskipun begitu, seluruh penumpang dan awak pesawat diprediksi tidak ada yang selamat.

Bagi mereka yang merasa memiliki keluarga atau kerabat yang menjadi korban Lion Air JT 610 tadi pagi bisa mengunjungi Posko Crisis Center Lion Air JT 610 di Ruang VIP Terminal 1B Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk mendapatkan kabar terbaru mengenai informasi dari jatuhnya pesawat tersebut.

Jatuhnya pesawat ini bukan hanya membawa duka bagi keluarga yang menjadi penumpang pesawat itu, ini juga menjadi duka bagi masyarakat Indonesia secara luas termasuk Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi ditemani Menko Polhukam Wiranto dan Kepala Basarnas Muhammad Syaugi mengunjungi langsung Posko Crisis Center Lion Air JT 610 untuk memberikan bela sungkawa sekaligus memberikan arahan mengenai penanganan pesawat Lion Air JT 610 itu.

Jokowi dilaporkan sampai ke lokasi pukul 18:00 tadi dan langsung menemui keluarga korban satu persatu sembari memberikan dukungan moril.

Basarnas terus lakukan pencarian

Basarnas sejauh ini terus melakukan pencarian di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Tim Basarnas tidak bekerja sendiri, tetapi juga dibantu oleh tenaga ahli dari TNI Angkatan Laut.

Dari hasil pencarian sejauh ini, Basarnas dan TNI AL telah menemukan mayat yang dibungkus dengan enam kantong mayat. Mayat yang ditemukan oleh tim Evakuasi tersebut sudah terbelah menjadi beberapa bagian.

Pihak terkait akan terus melakukan pencarian korban selama 24 jam tanpa henti. Pencarian korban diharapkan bisa secepatnya dilakukan guna memastikan kepastian dari para korban dalam jatuhnya pesawat JT 610 tersebut.

Masyarakat juga diminta untuk tidak menyebarkan berbagai foto-foto korban yang beredar di internet. Menyebarkan foto korban tentu akan menyakiti para keluarga korban. Pihak berwenang juga menghimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan foto-foto korban yang beredar.

Masyarkat juga harus cerdas dengan tidak mengeluarkan berbagai statemen mengenai kecelakaan Lion Air ini.

Polemik Pembakaran Bendera Oleh Oknum Banser

Polemik Pembakaran Bendera Oleh Oknum Banser

Baru-baru ini, beredar video oknum Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang melakukan pembakaran bendera yang terdapat kalimat Tauhid. Pembakaran ini disinyalir terjadi di daerah Garut, dan tindakan tersebut menimbulkan polemik di masyarakat. Kabar terbaru, 3 orang oknum Banser diberitakan telah diamankan guna menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa bendera yang dibakar pada video yang viral itu merupakan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). HTI sendiri merupakan Ormas yang sudah dibubarkan oleh pemerintah karena dianggap menyebarkan paham sistem kenegaraan dan ingin mengagnti Pancasila sebagai ideologi resmi Indonesia saat ini.

Gus Yaqut panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa pembakaran bendera itu kini dimanipulasi sehingga dianggap sebagai pembakaran bendera Tauhid. Panglima tertinggi Banser ini juga mengatakan bahwa masyarakat luas pasti sudah mengetahui bahwa bendera yang dibakar merupakan bendera HTI dan hal itu tidak bisa disangkal.

Lebih lanjut Gus Yaqut meniali bahwa jejak digital seperti banyaknya video yang beredar tentang HTI dengan bendera yang dibakar tak bisa menyangkal bahwa memang bendera yang dibakar merupakan bendera yang biasa digunakan oleh HTI.

Tetap menyayangkan tindakan pembakaran bendera

Meskipun Gus Yaqut tidak mengamini bahwa bendera yang dibakar merupakan bendera Tauhid, tetapi ia tetap menyayangkan aksi dari anggotanya yang membakar bendera dan viral di internet saat ini.

Ada pun ia menghimbau jika menemukan kasus penemuan bendera yang diduga milik Ormas HTI untuk tidak melakukan pembakaran seperti yang viral saat ini. Gus Yaqut menghimbau anggotanya jika menemukan bendera sejenis untuk menyerahkan pada pihak berwenang, bukan melakukan pembakaran seperti yang sedang viral.

Di internet khususnya di Twitter, tagar #BubarkanBanser pun sempat menjadi Trending Topic di Indonesia. Viral tagar ini merupakan bentuk protes yang dilakukan oleh warganet terhadap tindakan oknum Banser yang dianggap sudah melecehkan kalimat Tauhid dengan cara membakarnya.

Menanggapi viralnya tagar #BubarkanBanser di Twitter, Gus Yaqut memaklumi kemarahan banyak orang.

Bagaimana pun, polemik ini semoga bisa terselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru.

Pidato GoT Jokowi Sindir Prabowo?

Pidato GoT Jokowi Sindir Prabowo?

Menjelang kontestasi Pilpres 2019, kedua kubu tampaknya sudah mulai mencoba melemparkan berbagai ‘serangan’. Ini merupakan hal yang wajar, tentu asalkan kedua kubu tetap memperhatikan batasan-batasan yang ada. Demokrasi memang berisik, dan berbagai sindiran hingga serangan argumen tentu saja sah asalkan sesuai dengan koridor yang ada.

Baru-baru ini, Prabowo Subianto mengeluarkan semacam tagline yang sama dengan yang digunakan oleh Presiden Donald Trump kala memenangi Pilpres AS beberapa tahun lalu yaitu ‘Make America great again’. Prabowo membuat tagline ‘Make Indonesia great again’ yang merupakan serangan secara tidak langsung kepada Jokowi yang saat ini menjabat sebagai Presiden.

Tentu saja slogan ‘Make Indonesia great again’ ini berarti mengganggap Indonesia saat ini mengalami penurunan, khususnya hal ini diucapkan saat Presiden Jokowi menjabat.

Pernyataan ini pun dihubungkan dengan pidato Presiden Jokowi di pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali yang baru saja selesai. Pidato Presiden Jokowi berisi tentang potongan pertikaian di serial ternama Game of Thrones(GoT).

Serial GoT memang menceritakan bagaiman intrik politik dari banyak kerajaan, dan negara-negara ini menghadapi permasalahan yang sama saat musim salju datang.

Pidato GoT, serangan balik untuk Prabowo?

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan bahwa pidato yang disampaikan oleh Jokowi berupaya untuk menyerang balik Prabowo.

“Tagline Prabowo itu menyindir habis bahwa klaim pembangunan dan kerja Jokowi selama ini seperti tidak ada artinya. Jokowi ingin membalas dengan menganalogikan dirinya sebagai tokoh atau jagoan utama dalan film GoT, John Snow,” ucap Rico yang dilansir laman detik.com.

Karakter John Snow sendiri di serial GoT merupakan sosok kstria yang juga mengingatkan tentang ‘Winter is coming’.

Rico juga mengatakan, pidato yang digaungkan oleh Jokowi pada forum internasional yang meskipun mengingatkan secara umum – tetapi Rico meyakini bahwa ini juga sekaligus membicarakan tentang ‘perang’ menjelang Pilpres 2019 khususnya tentang hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet baru-baru ini dianggap seperti intrik yang terjadi pada John Snow pada serial GoT.

Tentu saja ini hanya tafsiran, dan siapa pun bisa memiliki penafsirannya tersendiri. Meski begitu, yang mengetahui lebih pasti tentu saja Presiden Jokowi itu sendiri. Dan mau bagaimana pun, tak peduli Jokowi atau Prabowo, tetap junjung tinggi perstauan Indonesia!

Penyebar Hoax Gempa Bumi Ditangkap di Riau

Penyebar Hoax Gempa Bumi Ditangkap di Riau

Kepolisian Riau telah menangkap seorang wanita yang diidentifikasi sebagai MA, yang tinggal di distrik Marpoyan Damai di Pekanbaru, karena diduga menyebarkan berita palsu tentang potensi gempa kuat di media sosial.

Kepala Detektif Sr. Comr. Gidion Arif Setyawan mengatakan pada hari Kamis bahwa MA telah membagikan berita palsu bahwa gempa berkekuatan 8,6 diperkirakan akan menghantam Jawa di halaman Facebook pada 25 September, 29 September dan 2 Oktober.

“Bumi menjadi lebih lemah karena mendukung bangunan dan infrastruktur yang terus dikembangkan. Sebagai konsekuensinya, bencana alam terus menghantam planet ini. Hari kiamat semakin dekat, ”kata MA di salah satu posnya, menambahkan bahwa gempa bumi baru-baru ini yang mengguncang berbagai daerah di negara itu adalah pengingat dari Tuhan.

“Tolong bertobat dan minta pengampunan Tuhan, Anda pengkhianat negara,” lanjutnya tanpa menyebut nama.

Hoax memicu kegemparan publik

Gidion mengatakan status Facebook MA telah memicu kegemparan publik, mendorong polisi untuk mengambil tindakan hukum terhadap dirinya.

“Tidaklah tepat untuk menyebarkan hoax tentang bencana alam di tengah kesedihan [setelah gempa bumi Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah]. Ini seperti mencoba menggosok garam ke luka korban, ”katanya.

Hoax memang masih menjadi momok yang begitu mematikan untuk era saat ini. Kabar bohong alias hoax tak jarang menjadi salah satu cara yang digunakan oleh sekelompok atau seseorang dengan berbagai motif. Tentunya dengan motif apa saja, hoax bukan merupakan sesuatu perbuatan yang diperkenankan apalagi lagi menggunakan isu bencana alam sebagai hoax apalagi Sulteng baru saja terkena bencana gempa bumi dan tsunami.

Berita bohong dengna maksud apa pun membuat keresahan dan kegemparan publik. Ini juga ditambah dengan minimnya pengetahuan masyrakat untuk mencari tahu mengenai kebenaran dari sebuah kabar.

Selain hoax bencana alam ini, Indonesia juga dihebohkan dengan hoax yang dibuat oleh salah satu aktivis HAM Indonesia, Ratna Sarumpaet. Ia membuat cerita bahwa ia menjadi korba penganiayaan sejumlah orang, ini sempat membuat gempar Indonesia. Tak berselang lama, Ratna akhirnya mengakui bahwa kabar ini hanyalah karangan dirinya – f

Tri Rismaharini Klaim Surabaya Bersih dari Korupsi Saat Ini

Tri Rismaharini Klaim Surabaya Bersih dari Korupsi Saat Ini

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengklaim bahwa kota yang dipimpinnya tersebut saat ini telah bebas dari korupsi. Ia mengatakan berbagai permasalahan korupsi yang ada di area Surabaya telah dapat ditangani dan terselesaikan dengan baik.

Melalui pesan yang dirilis oleh Pemkot Surabaya, Kamis(27/09/2018) lalu, Rimsa mengatakan bahwa pihak Pemkot telah bekerja dan menyelesaikan semua kasus korupsi yang ada di Kota Pahlawan tersebut.

Dilansir melalui surabaya.tribunnews.com, Risma mengatakan “Kami sudah berhentikan semua yang korupsi. Coba cek, nggak ada. Bahkan yang kami proses berhenti ya berhenti. Ada berapa ya? Kasus Merr itu, udah berhenti semua, pungli juga, soal guru SD (pungli) juga kami proses. Bahkan ada yang sampai di pengadilan kami ikuti (proses),”

Lebih lanjut Wali Kota Risma mengatakan bahwa pihaknya memiliki cara khusus sehingga bisa menghentikan berbagai permasalahan mengenai korupsi yang ada dalam lingkup Kota Surabaya.

Himbauan Risma bagi setiap pejabat Pemkot Surabaya mengajak kejaksaan, kepolisian hingga para ahli dari berbagai perwakilan kampus menjadi salah satu cara pencegahan tindak pidana korupsi yang ada dalam lingkup pemeirntahan kota Surabaya dibawah pemerintahan Risma.

Prestasi Wali Kota Risma yang membanggakan

Sejak menjabat, Wali Kota Risma memang dikenal sebagai salah satu pemimpin yang tidak sungkan untuk turun langsung ke lapangan. Berbagai persoalan lapangan coba langsung diamati oleh Wali Kota dari partai PDI-P ini.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, nama Risma sempat digadang-gadang ikut meramaikan persaingan untuk menduduki posisi DKI-1 kala itu. Meskipun ia memiliki elektibilitas cukup tinggi, namun, Risma memutuskan untuk tetap bertahan dan memimpin Surabaya sesuai dengan masa jabatannya yang akan berakhir pada tahun 2020 mendatang.

Semenjak menjabat sebagai orang nomor satu di Surabaya, Wali Kota Risma terus menorehkan berbagai prestasi yang tidak hanya mendapat apresiasi dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.

Baru-baru ini, Risma baru saja dianugerahi penghargaan Scroll of Honor UN Habitat saat dirinya berkunjung ke Nairobi, Kenya.

Penghargaan Scroll of Honor UN Habitat ini sendiri merupakan bentuk penghargaan terhadap tokoh dunia yang memiki pengaruh yang sangat besar. Ini menandakan bahwa Risma menjadi salah satu toko Indonesia yang memiliki pengaruh besar dan mendapatkan apresiasi dari luar. Surabaya bangga memiliki mu, bu Risma!

Manfaat Luar Biasa Dari Meditasi

Manfaat Luar Biasa Dari Meditasi

Manfaat Luar Biasa Dari Meditasi

Meditasi merupakan latihan atau suatu metode untuk menenangkan pikiran dengan memusatkan pikiran secara rileks. Bagi sebagian orang, meditasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk menangani berbagai permasalahan khususnya bagi mereka yang mengalami masalah pikiran.

Meskipun terlihat remeh, hanya duduk, diam dan menutup mata, nyatanya meditasi tak bisa dilakukan dengan mudah. Bagi mereka yang belum pernah melakukan meditasi, ia cenderung akan sulit untuk merileksasikan pikiran dan membawa pikiran positif bagi dirinya.

Jika kamu saat ini belum tertarik untuk mencoba meditasi, kamu akan rugi, kenapa? karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mencoba meditasi.

Manfaat dari meditasi khususnya bisa memberikan penyegaran pada pikiran dan hati, selain itu, meditasi juga mampu memberikan kesehatan bukan hanya mental tetapi juga fisik.

Simak beberapa manfaat meditasi yang bisa kamu dapatkan.

Mengurangi stres

Ini sudah sangat jelas. Meditasi menjadi salah satu cara untuk mengelola stres sehingga mereka yang sedang mengalami stres berlebih bisa mengurangi beban pikirannya dengan meditasi.

Dengan meditasi, kamu bisa mendapatkan penyegaran dalam pikiran sehingga menghindari stres berlebihan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Melawan depresi

Stres berkelanjutan tidak hanya harus diwaspadai tetapi juga harus diatasi. Sudah banyak kasus orang yang mengalami depresi mengakhiri hidupnya.

Permasalahan depresi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak korban depresi yang diabaikan dan cenderung mengalami rasa putus asa sehingga tak jarang membuat penderitanya memutuskan untuk bunuh diri. Meditasi bisa menjadi pencegahan dan pengobatan untuk melawan depresi!

Mengontrol rasa cemas

Bagi beberapa orang, terkadang terlalu memikirkan atau mencemaskan sesuatu yang sebenarnya belum terjadi. Terlalu memikirkan hal buruk yang belum terjadi membuat rasa cemas berlebihan mengganggu pikiran. Tentu ini bila dibiarkan akan berdampak buruk.

Kecemasan berlebih harus dikontrol, karena memang ini tidak baik. Untuk mengontrol rasa cemas tersebut, meditasi bisa menjadi alternatif untuk mencoba mengontrol rasa cemas.

Meningkatkan kualitas tidur

Dengan meditasi, kamu akan mendapatkan pikiran yang lebih tenang sehingga jika mengalami gangguan tidur akibat beban pikiran berat akan teratasi!

Meningkatkan daya ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan daya ingat pasti akan terus menurun, ini merupakan hal yang lumrah. Meski demikian, kamu bisa meningkatkan daya ingat lebih lagi dengan bermeditasi.

Meditasi dari hasil study ditemukan bisa meningkatkan daya ingat, sehingga jika kamu ingin meningkatkan daya ingat yang lebih lagi, bermeditasi-lah.

Beberapa manfaat meditasi tadi tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Membiasakan diri untuk meditasi berarti sama dengan memberikan energi positif pada diri kamu lho. Selamat mencoba!

Gatot Nurmantyo Tepis Isu Gabung PAN

Gatot Nurmantyo Tepis Isu Gabung PAN

Berita tentang Pilpres 2019 seakan tidak ada habisnya untuk dibahas. Berbagai fakta hingga kabar simpang siur menghiasi pembahasan mengenai Pilpres 2019 yang kemungkinan besar akan mempertemukan kembali petahana, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Beberapa partai sudah memutuskan akan mendukung paslon mana, tetapi tidak sedikit tokoh yang dikaitkan dengan kubu Jokowi atau Prabowo yang masih belum menentukan sikap. Salah satu tokoh yang saat ini belum memberikan arah dukungan meskipun lebih condodng ke kubu Prabowo-Sandi adalah mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional(PAN) mengatakan bahwa Gatot telah masuk dalam bagian tim pemenangan Prabowo-Sandi dan telah bergabung dengan PAN. Kabar ini pun tak lama langsung ditepis oleh Gatot Nurmantyo dan mengatakan bahwa kabar tersebut hoax.

Lebih lanjut Gatot mengatakan belum menentukan arah dukungannya ke arah mana. Ia mengaku masih melihat perkembangan yang ada sebelum memutuskan arah dukunganya.

Klaim PAN dipatahkan Gatot

Sebelumnya pihak PAN mengatakan bahwa Gatot sudah memiliki komitmen yang disampaikan langsung pada Ketum PAN, Zulkifli Hasan terkait dukungannya kepada pasangan yang diusugn PAN yaitu Prabowo Sandi.

Tak lama klaim dari PAN yang mengatakan kesiapan Gatot untuk bergabung dengan tim pemenangan Prabowo-Sandi, Gatot pun memberikan klarifikasi mengenai langkah politik yang akan diambilnya untuk tahun 2019 mendatang.

Secara tegas, Gatot mengatakan bahwa apa yang dikatakan oleh PAN tadi tidak benar. Ia membantah bahwa telah bergabung dengan pihak mana pun sejauh ini. Ia lebih memilih untuk memantau perkembangan dan melihat apa yang akan terjadi di depan nantinya.

Gatot sendiri merupakan salah satu sosok yang diprediksi bisa memberikan dampak positif bagi kubu Prabowo-Sandi.

Sebagai mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo memang awalnya digadang-gadang menjadi alternatif untuk Pilpres 2019. Pada akhirnya, Gatot tidak mendapat kendaraan politik sehingga tidak bisa mengikuti kontestasi di Pilres 2019 meskipun ia diprediksi mampu mengungguli petahana, Joko Widodo.

Tidak menjadi kontestan di Pilpresr 2019, nama Gatot pun disinyalir menjadi rebutan bagi 2 kubu yang akan bertarung di Pilpres 2019 karena Gatot dianggap bisa mendulang suara baik dari kalangan nasionalis maupun agamis.

Negara Mengeluarkan Dana Besar Untuk Gaji PNS Tersangka Korupsi

Negara Mengeluarkan Dana Besar Untuk Gaji PNS Tersangka Korupsi

Negara Mengeluarkan Dana Besar Untuk Gaji PNS Tersangka Korupsi

Pemerintah menghabiskan sejumlah besar uang untuk gaji pegawai negeri yang telah dihukum karena korupsi, kata Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Uang yang dibelanjakan diperkirakan mencapai Rp 23,57 miliar per bulan.

“Perkiraan kasar adalah sekitar rata-rata Rp 10 juta dikalikan dengan 2.357 pegawai negeri, yang setara dengan Rp 23,57 miliar per bulan,” kata juru bicara BKN, Mohammad Ridwan kepada The Jakarta Post pada hari Kamis.

Dia mengatakan perkiraan itu tidak resmi dan hanya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang memiliki kewenangan untuk menghitung jumlah pasti.

“Jumlah kerugian negara sangat besar. Tetapi angka pastinya hanya bisa dihitung oleh BPK,” katanya.

BKN mengungkapkan pada hari Selasa bahwa dari 2.674 pegawai negeri yang dinyatakan bersalah melakukan korupsi, 317 diberhentikan dengan tidak hormat, berarti sisa 2.357 masih aktif sebagai pegawai negeri dan, oleh karena itu, masih mendapatkan gaji bulanan.

Data ketenagakerjaan dari pegawai negeri yang divonis telah diblokir oleh agen untuk menghindari kerugian negara lebih lanjut. Langkah ini mempengaruhi pekerjaan pegawai sipil, seperti promosi, rotasi pekerjaan, dan kenaikan gaji.

Namun, pengakhiran penggajian bagi pegawai negeri membutuhkan keputusan yang dikeluarkan oleh masing-masing pengawas personalia (PPK), termasuk menteri, gubernur, walikota dan bupati.

“Kami dapat memblokir data pekerjaan tetapi itu tidak cukup. Hanya PPK yang memiliki wewenang untuk memberhentikan mereka,” kata Ridwan.

Jangan ragu memecat oknum bermasalah

“Para PPK, jangan ragu untuk memecat mereka,” tambahnya.

Badan itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Reformasi Administrasi dan Birokrasi saat ini sedang membahas langkah pemerintah dalam menangani masalah tersebut.

Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengatakan bahwa komisi itu menghitung jumlah kerugian negara. Kerugian negara akibat pengeluaran gaji para pegawai negeri sipil ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena uang yang tersebut bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih priortitas dibanding menggaji oknum yang tersangkut masalah korupsi.