Waring Kali Item Penuh Sampah dan Puntung Rokok

Waring Kali Item Penuh Sampah dan Puntung Rokok

Sebuah jaring nilon hitam raksasa(waring) yang meliputi Sungai Sentiong, yang dijuluki Kali Item(Sungai Hitam), di Kemayoran, Jakarta Utara, telah dirusak oleh sampah dan puntung rokok yang terperangkap hanya beberapa hari setelah pemasangan.

Setidaknya 10 air mata dengan berbagai ukuran telah terlihat di jaring sepanjang 689 meter, dan sampah seperti botol air, bungkus rokok dan daun kering sudah mulai menumpuk di atasnya.

Pemerintah kota menghabiskan Rp. 580 juta untuk membeli waring, yang dimaksudkan untuk menutupi polusi dan bau sungai dari para pengunjung Asian Games yang dijadwalkan tiba di Jakarta minggu depan. Sungai Sentiong terletak di seberang desa atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gubernur Anies Baswedan juga memerintahkan penempatan lampu hias di atas jaring.

Namun, penduduk di daerah itu mulai membuang sampah mereka ke waring, menurut Saiful, yang tinggal di dekat sungai.

Di malam hari, banyak orang berkeliaran di sini. Mereka akan membuang sampah mereka ke pusat jaring, dan puntung rokok mereka juga telah merobek beberapa bagian dari jaring, ”kata Saiful pada hari Rabu sebagaimana dilaporkan oleh kompas.com.

Sementara itu, Dinas Sumber Daya Air Jakarta sudah mulai menggunakan teknologi aerator dan nano bubble untuk membersihkan sungai, meski hasilnya tidak signifikan. Kota ini berencana untuk menambah lebih banyak mesin aerator segera.

Banyak mendapat kritik

Ada pun solusi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta banyak mendapat kritikan. Banyak orang yang menyayangkan pemasangan waring ini dan bukannya mencoba untuk membersihkan Kali Item sebelum even Asian Games pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sendiri mengatakan bahwa pemasangan waring ini merupakan solusi alternatif dan jangka pendek. Pemerintah pusat sendiri akhirnya turut turun tangan untuk mengatasi permasalahan yang berada dekat dengan wisma atlet tersebut.

Sebagai tuan rumah, permasalahan di Jakarta memang terbilang cukup sulit diatasi khususnya dengan perhelatan Asian Games yang sebentar lagi dilangsungkan. Banyak warganet yang meragukan kapabilitas dari Gubernur DKI Jakarta yang menganggap tidak bijak dalam menangani permasalahan Kali Item.