Sejumlah Massa Di Tanah Air Demo Solidaritas Untuk Rohingya

Sejumlah Massa Di Tanah Air Demo Solidaritas Untuk Rohingya

Aksi sejumlah militer Myanmar yang terus melakukan buruan terhadap etnis Rohingya mendapat sorotan dunia. Ini memang bukan yang pertama bagi Rohingya harus berjuang melawan tekanan dari pihak militer Myanmar.

Myanmar sendiri memang beberapa kali menolak etnis Rohingya dan tidak menganggap etnis tersebut menjadi salah satu etnis resmi dari Myanmar. Dengan banyaknya kekerasan yang terjadi yang membuat banyak korban baik wanita maupun anak-anak, beberapa negara melakukan aksi demonstran terhadap Myanmar untuk segera menghentikan kekerasan yang ada disana.

Di Indonesia sendiri, beberapa ormas dan masyarakat menggelar aksi yang ditujukkan pada Myanmar melalui kedutaannya yang ada di Indonesia. Di Jakarta misalnya, banyak massa yang menggelar aksi disekitar Bundaran Hotel Indonesia(HI) yang menuntut pemerintah Indonesia segera mengusir kedutaan dari Myanmar yang ada di Indonesia. Demonstran besar-besaran di Indonesia sendiri bukan hanya terjadi di Jakarta, di Bandung dan beberapa kota lain pun banyak aksi yang menuntut untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya yang ada di Myanmar.

Indonesia sendiri telah melakukan pendekatan persuasif dalam menyikapi masalah ini. Presiden Indonesia, Joko Widodo telah mengirimkan Mentri Luar Negeri, Retno telah berangkat ke Myanmar untuk mencoba loby dalam kasus kekerasan terhadap etnis Rohingya ini.

Menteri Retno yang telah terbang ke Myanmar telah menemui beberapa pimpinan penting Myanmar sekaligus menyatakan sikap resmi dari Indonesia dalam menyikapi kekerasan yang terjadi di Rohingya. Indonesia menjadi salah satu negara yang serius dalam menengahi konflik yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Rohingya ini.

Dukungan Indonesia secara resmi serta aksi massa yang ada menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap etnis Rohingya yang mengatasnamakan kemanusiaan. Memang telah banyak beredar video maupun foto tentang kekerasan yang harus dihadapi oleh etnis Rohingya di Myanmar.

Untuk terus membantu dan memberi dukungan terhadap etnis Rohingnya, sebaiknya masyarakat Indonesia sendiri harus bijak dalam menerima informasi yang ada. Setidaknya saat ini ada beberapa pihak yang ingin memanfaatkan sentimen ini dan ingin memperkeruh suasana dengan info, foto dan video hoax. Jangan sampai konflik yang terjadi di Myanmar justru malah akan dimanfaatkan segelintir orang untuk menunggangi semangat solidaritas terhadap Rohingya.