Pesona keindahan hutan mangrove ditengah kota Surabaya

Pesona keindahan hutan mangrove ditengah kota Surabaya

 

Keindahan akan hutan-hutan di wilayah Indonesia tentunya tidak bisa dipunkiri. Kekayaan Indonesia akan keindahan alamnya sudah pasti tidak ada duanya didunia. Biasanya kita akan menjumpai pemandangan hutan jika sudah berada jauh masuk keperdalaman, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tapi percayakah kamu jika ternyata terdapat hutan yang bisa kita jumpai didaerah perkotaan? Jika tidak percaya, datanglah kekota Surabaya Jawa Timur.

Disana kita akan menjumpai keunikan dimana kita akan bisa melihat keindahan hutan mangrove yang berada ditengah kota pahlawan tersebut. Namanya adalah kawasan Wisata Alam Hutan Mangrove di Wonoroje yang bisa datangi kearah area pantai timur dari kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Jika mau kehutan ini, kita bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh kurang lebih 15 km dari bandar udara Juanda Surabaya. Selain fungsi akan keindahan alamnya, hutan mangrove ini juga menjadi hutan yang berfungsi menyelamatkan kota Surabaya dari bencana alam banjir pasang yang dulunya sering melanda kota Surabaya tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, hutan wisata mangrove ini masih dalam tahap pengembangan kearah tempat wisata yang akan menguntungkan kota Surabaya. Wisata alam yang ingin dikembangkan di hutan ini memang sedikit berjalan lambat walaupun sudah dipegang oleh pemerintah setempat. Memang sempat terlihat ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun untuk menunjang pariwisata hutan mangrove wonorejo ini. Selain itu juga, beberapa fasilitas memang diberi pembenahan secara berkala oleh pemerintah setempat walaupun masih ada sedikit kekurangan disana sini.

Ekowisata hutan mangrove memang masih dalam tahap merintis dimana diharapkan kedepannya akan menjadi tempat wisata terpadu dengan fasilitas yang bisa memanjakan setiap wisatawan yang datang ketempat itu. Tapi tenang saja, disaat kita mengunjungi hutan ini, sudah tersedia beberapa fasilitas umum seperti adanya kamar mandi dan wc yang sudah dirawat sangat baik. Untuk urusan perut tenang saja, sudah tersedia banyak sekali rumah makan yang kebanyakan didominasi dengan khas makanan seafood.

Lelah seharian berjalan di hutan ini? Tenang saja, sudah tersedia beberapa hotel kecil serta penginapan murah disekitar tempat wisata hutan mangrove ini sehingga kita bisa menikmati suasana malam dari alam hutan mangrove. Tidak adanya biaya masuk membuat hutan ini menjadi pilihan berlibur banyak warga Surabaya serta sekitarnya. Tapi tentu saja jika kita membawa kendaraan, akan ada biaya parkir untuk menjaga keamanan dari kendaraan kita. Ingin masuk langsung kedalam hutan mangrove? Sudah tersedia banyak sekali perahu motor yang akan membawa kita dan rombongan untuk berkeliling. Berapa biayanya? 300 ribu untuk satu buah perahu. Tenang saja, harga tersebut akan dibagi dengan jumlah orang yang berada dalam perahu tersebut.

Kedepannya, pemerintah daerah setempat ingin mencoba hutan ini sebagai tempat wisata edukasi. Itu dikarenakan banyak sekali habitat alami yang bisa kita pelajari. Ada beberapa burung langka, hewan air dan pastinya adalah pohon-pohon mangrove itu sendiri. Dan asyiknya bagi yang suka memancing, disinilah tempat memancing yang paling asyik ditengah kota Surabaya.