Program Link and Match dari PP Muhammadiyah Siap Dijalankan

Program Link and Match dari PP Muhammadiyah Siap Dijalankan

Program Link and Match dari PP Muhammadiyah Siap Dijalankan

Pihak perguruan tinggi dari fakultas kedokteran, kini sedang mengadakan program khusus untuk membiayai beasiswa setiap lulusannya. Nama program ini adalah Link and Match. Program ini akan membiayai setiap lulusan dari fakultas kedokteran, namun ada beberapa terms and conditions yang harus dilakukan terlebih dahulu. Program ini mengharuskan lulusan dari fakultas kedokteran untuk mengabdi selama beberapa waktu di daerah-daerah terpencil. Hal ini guna untuk memeratakan jumlah dokter ahli di seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Program ini dicetuskan oleh beberapa petinggi dari PP Muhammadiyah. Mereka menyadari adanya beberapa daerah yang hanya memiliki puskesmas saja. Namun, mereka menyadari bahwa puskesmas  saja tidak akan cukup untuk bisa melayani warganya. Oleh karena itu, program ini diadakan untuk membuat klinik-klnik kecil di beberapa tempat tersebut. Tentu saja, hal ini dibuat untuk memaksimalkan layanan kesehatan di daera-daerah tersebut.

Program ini memastikan setiap kontributor dari lulusan fakultas kedokteran untuk dibiayain secara full beasiswanya. Selain itu, beasiswa tersebut pun sudah termasuk dengan biaya hidup. Namun, tentu saja mereka pun harus memenuhi persyaratannya dalam program Link and Match ini.

Namun, sampai saat ini masih belum semua fakultas kedokteran bersedia melakukan program Link and Match. Terutama untuk beberapa Universitas yang barus saja membuka Ffakultas kedokterannya.

Ketua dari PP Muhammadiyah, mengaku bahwa daerah Malang dan Jogja yang memiliki fakultas kedokektean sudah menyanggupi untuk mengikuti program Link and Match ini.

Sampai saat ini, pihak PP Muhammadiyah masih terus mengoptimalkan program Link and Match ini. Dengan adanya kontribusi dari 10 fakultas kedokteran dengan menyumbangkan 30 lulusannya, paling tidak program ini bisa menyumbangkan 300 lulusan kedokteran untuk mengabdi di paling tidak 60 daerah terpencil dengan 5 lulusan kedokteran di setiap daerahnya.

Program Link and Match dari PP Muhammadiyah Siap Dijalankan

Dengan begitu, harapan besar datang agar rakyat terpencil pun masih bisa mendapatkan layanan kesehatan yang optimal dan maksimal dan tidak akan mengalami perbedaan dengan wilayah di daerah perkotaan.

Setelah nanti program ini berjalan, diharapkan tidak hanya program dari fakultas kedokteran saja yang melakukan program Link and Match ini. Apabila semua universitas memiliki kesempatan untuk membiayai beasiswa setiap lulusannya setelah melakukan pengabdian ini, tentu saja hal ini bisa menguntungkan banyak pihak. Pihak lulusan dari fakultas pasti mendapatkan keuntungan, warga daerah pun begitu, dan pihak fakultas pun akan mendapatkan keuntungan dengan memiiki lulusan yang berguna bagi warga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *